Tuesday, January 9, 2018

Cara Membuat rangkaian lampu strobo sepeda motor


Lampu LED strobo


Rangkaian Lampu Strobo Sederhana- Untuk anda yang menyukai dunia otomotif tentu anda seringkali mendengar lampu strobo, bukan? Lampu yang satu ini umumnya dipakai pada mobil polisi. Tetapi diluar itu nyatanya lampu strobo dapat juga dipakai untuk menghiasi lampu di kendaraan. Nah, untuk anda yang penasaran dengan rangkaian lampu strobo, tersebut penuturannya.


Rangkaian Lampu Strobo IC555



Prinsip kerja lampu strobo biasanya nyaris sama juga dengan kemampuan lampu flip flop. Ketidaksamaannya yaitu lampu juga akan berkedap-kedip yang diselingi dengan nada sirine yang kencang serta keras. Pada rangkaian lampu strobo simpel ini ada komponen IC 1A yang juga akan buat osilator dengan gelombang persegi yang tinggi di mana frekwensi itu juga akan sesuai oleh komponen VR1 untuk hasilkan tanda yang baik.

Gelombang persegi itu adalah buffer dari komponen IC 1B yang juga akan mendorong komponen IC2. Sesaat output pada komponen Q0 serta atau Q2, setelah itu Q7 serta atau Q9 juga akan memberi pertukaran pulsa yang berganda. Untuk membedakan saat itu, jadi komponen C2 serta C3 dan komponen R3 serta R5 juga akan bekerja dengan dengan memakai output dari IC 1C serta IC 1F. Hal semacam ini yang lalu juga akan tingkatkan dampak kedipan lampu jadi seringkali. Selan itu untuk memperoleh dampak paling baik yang dapat buat penampilan lampu jadi lebih jelas yaitu dengan sesuaikan komponene VR1.

Rangkaian Lampu Strobo LED sederhana
Komponen paling utama dari rangkaian lampu strobo LED ini telah terang yaitu LED. Rangkaian lampu strobo LED memanglah umumnya dipakai untuk lakukan simulasi rangkaian lampu mobil polisi yang mana di bagian lampu itu juga akan menyala berkedip dengan bertukaran atau memakai seperti plat yang berputar-putar. Anda juga bisa buat sendiri rangkaian lampu strobo LED ini, loh. Komponen yang ada pada rangkaian ini gampang buat anda peroleh di toko spare part elektronik. Anda juga akan memerlukan 2 buah IC (Integrated Sirkuit) type 555 serta 407 dan 2 buah transistor.


Pada transistor ini anda bisa memakai TIP31 atau TP41, type FCS9013, FCS9014, atau C945. Anda cuma tentukan saja yang mana yang paling pas serta sesuai sama keperluan. Tetapi untuk hasil serta intensitas sinar LED yang lebih maksimal jadi baiknya anda memakai transistor type semakin besar seperti TIP31 atau TIP41. Setelah itu anda akan memerlukan 2 buah kondensator elektrolit, 470µF/16V serta 33µF/50V, 4 buah dioda type 1N4148, 4 buah dioda type 1N4002 (1A), 2 buah resistor 330 ohm, serta satu buah variable resistor 10K ohm.

Pada skema rangkaian lampu strobo LED ini, untuk menyalakan satu lampu strobo saja jadi komponen yang perlu dikurangi yaitu satu transistor, satu resistor, serta 2 dioda 1N4148. Setelah itu untuk menyalakan lampu strobo LED ini seperti lampu yang dikontrol flasher, jadi komponen yang perlu dikurangi yaitu adalah satu transistor, satu resistor, serta satu dioda 1N4148. Janganlah lupa untuk mempersiapkan Printed Sirkuit Board atau Papan Rangkaian Tercetak multifungsi ukuran IC untuk merangkai komponen-komponen yang sudah anda sediakan.
Rangkaian lampu strobo simpel 12 Volt
Setelah itu anda bisa buat rangkaian lampu strobo simpel 12 Volt. Rangkaian lampu strobo ini cuma memakai komponen dalam jumlah yang minim. Komponen paling utama dari rangkaian lampu strobo ini yaitu LED yang dinyalakan dengan memakai tegangan 12 Volt DC.

Skema dari rangkaian lampu strobo 12 Volt ini yaitu dengan memakai 2 buah IC 555 yang sudah ditata demikian rupa supaya bisa buat lampu LED itu menyala serta mati dengan bertukaran. Diluar itu ada juga komponen yang lain yakni kapasitor serta resistor.

Jadi demikianlah keterangan tentang Rangkaian Lampu Strobo Simpel. Mudah-mudahan bisa berguna serta selamat mencoba

Cara Membuat rangkaian lampu strobo sepeda motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments:

  1. Bisa buat rangkaian yg lebih sederhana gan
    Makasih

    ReplyDelete
  2. Harrah's Resort Southern California - MapYRO
    Valley View Resort. Valley 양주 출장안마 View Resort is a one stop shopping 충청남도 출장마사지 in Southern 순천 출장안마 California. The property 보령 출장마사지 features 영천 출장샵 more than 6,000 slot machines,

    ReplyDelete