Tuesday, January 24, 2017

Mengatasi kelistrikan vario yang drop

Hallo biker

Pengalaman tunggangan sehari hari vario karbu 110 ane, yang sudah mulai udzur maklum udah 10 tahunan tuh vario
Masalah terakhir kemaren kelistrikan vario ane mulai ngadat :
- Lampu sen redup, kedipannya mulai lemah
- Klakson udah mulai ga nyaring lagi
Malah menjelang drop setiap tarik rem motor mati, ane coba tanya-tanya ke ahlinya (Montir punya bengkel perumahan)  minta dicheck dulu, takutnya ada pengkabelan nya yang putus atau short body dia nyaranin harus ganti aki sama dinamo starter, tapi sehubungan dompet ane lagi pas-pasan ane minta waktu dulu karena dia minta 600 rebu tuh buat ganti nya, terpaksa motor ane dibawa balik lagi kerumah,
Ane coba beli aki baru GS Rp. 180 rebu, motor ane langsung tokcer, starter pun OK
Ane pikir ga perlu ngeluarin duit 600 rebu cuman beli aki doang udah langsung ngacir.
tapi di hari ke 3 kelistrikan mulai redup, waduh ternyata ganti aki hanya obat sementara, ane baca-baca tentang kelistrikan motor ternyata ada yang namanya kiprok yang mengatur sistem kelistrikan,
ane coba nyari kiprok dengan harga miring , eh dapet di daerah pilar harganya 110 rebu.


Sampe rumah ane bongakar tuh vario, sambil nyari2 dimana posisi yang namanya kiprok,
Setelah bongkar sana bongkar sini, ternya kiprok ada di body depan disamping  kiri aki, langsung ane ganti dengan yang baru, ane coba starter ga mau, ane coba engkol baru mesin bisa nyala, terus ane matiin lagi coba pake starter masih ga mau pikir ane akinya mungkin belom full ngisi, ane pantengin terus ane bawa keliling perumahan.
Setelah itu ane coba lagi : jreng jreng....langsung check gur....kelistrikasn normal lagi,
Udah 2 bulan ini motor vario ane masih normal, terus ane coba ganti aki yang lama ane karena ane pikir masalahnya bukan aki dan dinamo starter yang di bilang montir tadi.
Setelah gantio aki lama lagi ternyata motor ane normal sampe sekarang.
Jadi kesimpulannya :
Tanda-tanda kiprok vario 110 mati, kelistrikan nya drop karena aki ga bisa ngisi lagi.

Dear biker, itu sharing pengalaman ane ...mudah mudahan bermanfaat, thanks

Mengatasi kelistrikan vario yang drop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments: