Tuesday, February 14, 2017

Tips Memilih motor bekas

20 Panduan Pilih Sepeda Motor Bekas 
Pilihlah motor yang akan anda beli sesuai budget

Anda menginginkan memeliki sepeda motor, tetapi dana terbatas? Janganlah cemas, sepeda motor sisa dapat jadi pilihan. Meskipun namanya sisa, tetapi banyak sepeda motor yang di jual dengan keadaan begitu baik. Asal kita pandai memilihnya, jadi kita bakal memperoleh sepeda motor yang diimpikan kita. Di bawah ini sebagian panduan dalam pilih sepeda motor sisa. 

1. Budgeting 

Hal yang paling utama dari beli satu motor sisa yaitu budgeting. Cocokkan kekuatan finansial anda dengan harga jual dari motor sisa. Jika cuma mempunyai duit sebesar 5 juta, janganlah mengincar motor sisa dengan harga 10 juta, yang mana mustahil untuk dibeli meskipun berlangsung sistem tawar menawar. Bijaklah dalam mencari motor yang sesuai sama biaya serta kekuatan finansial yang anda punyai. 

2. Tetapkan Manfaat serta Maksud dari Pembelian Motor Bekas 

Semuanya yang anda kerjakan sebaiknya mempunyai maksud. Anda haru tahu, untuk apa motor sisa ini saya beli. Untuk ngojek kah, untuk transport keseharian kah, atau cuma untuk koleksi? Jangan sampai overbuy, masihlah terkait dengan point pertama, cocokkan juga pada maksud serta biaya yang anda punyai. 

 3. Tentukan Type Motor yang Dikehendaki 

Sesudah tahu biaya yang dipunyai, serta maksud dari pembelian motor sisa, silakan anda tetapkan type motor yang bakal anda pinang. Sangat banyak type motor yang bertebaran di Indonesia. Dari mulai motor matic, bebek, sport, sampai motor offroad. Cocokkan juga motor dengan keperluan atau kesenangan anda. 

4. Mencari Tahu Spesifikasi Motor Incaran Anda 

Telah miliki motor sisa incaran?? Nah, bila telah, anda saat ini bisa mulai mencari spesifikasi komplit dari motor yang anda incar. CArilah sedetil-detilnya. CC, kekuatan motor, keunggulan, kekurangan, pokoknya semua. Motor ini boros atau hemat, enak dikendarai atau tida dsb. Didunia maya telah bertebaran beragam review dari semua jenis motor, dari mulai review positif sampai yang negative. 

 5. Cek Harga Pasar dari Motor Incaran Anda 

Oke, saat ini anda telah menegetahui motor incaran anda termasuk juga dalam type motor apa, dengan kekuatan seperti apa, dan kekurangannya. Sekrang waktunya anda mencari tau range harga dari motor incaran anda. Jika harga motor incaran anda sesuai sama biaya, jadi teruskanlah dengan mencari motor incaran anda di dealer atau mencari di media periklanan. Tetapi jika tidak cocok dengan biaya, silahkan mencari motor lain yang sesuai sama biaya anda. janganlah memaksakan kemmapuan finansial anda. 

 6. Janganlah Cuma Terpaku pada 1 Type serta Merk Saja 

Merk serta type motor sisa sangat banyak. Jadi sebaiknya anda mempunyai daftar lain type serta merk motor yang bisa anda tentukan sebagai cadangan. Lantaran tak semuanya motor yang anda incar ada dalam keadaan baik, serta demikian sebaliknya, mungkin saja terdapat banyak merk atau type motor sisa lain yang mempunyai spesifikasi nyaris sama yang mempunyai keadaan tambah baik. Senantiasa berikanlah alternatif lain dalam daftar pilihan anda, tetapi janganlah sangat banyak, supaya nanti anda tak bingung sendiri. 

7. Cari Motor Sisa di Dealer-Dealer Mokas terpercaya

Usaha jual beli motor telah menjamur dimana-mana. Banyak dealer yang menghidangkan promo menarik, seperti credit motor sisa, harga dibawah pasar, serta ada banyak lagi. Dasarnya yaitu, saat anda mengambil keputusan untuk beli motor sisa di dealer motor sisa, yakinkan anda tahu keunggulan serta kekurangan dari dealer itu. Disinilah utamanya anda tahu harga pasar dari motor yang anda incar. Terkadang ada segelintir dealer yang bermain harga, serta menaikan harga selangit. Diluar itu, janganlah segera tergiur dengan promo-promo menarik dari dealer motor sisa. Akan tetapi beli motor sisa di dealer cukup untungkan, terkecuali ada program angsuran, umumnya dealer juga sediakan layanan pengurusan surat-surat dengan cara resmi. 

8. Dapat pula Mencari di Iklan-Iklan Penjualan Motor di Beragam Media 

Untuk anda yang kurang yakin dengan dealer motor sisa, atau terasa trauma, anda dapat coba menghubungi penjual dengan cara segera, lewat cara lihat iklan-iklan penjualan motor di beberapa media. Baik itu media bikin ataupun elektronik. Umumnya transaksi pembelian seperti ini cukup untungkan, lantaran anda dapat menawar dengan cara kekeluargaan, serta bisa memberi tali silahturahmi. 

9. Utama! Upayakan Mencari Motor Sisa yang ‘Tetanggaan’ dengan Anda 

Tetanggaan disini bukanlah artinya motor tetangga yang anda beli, tetapi upayakan anda beli motor yang surat-surat dan tempatnya tidaklah terlalu jauh dari rumah anda. Hal semacam ini mesti di perhatikan, lantaran cost pengurusan surat-surat kendaraan dari luar daerah cukup kuras kantong, serta lagi jika motor sisa tesebut dibawa dari daerah yang cukup jauh, cost pengirimannya juga mesti diperhitungkan. Tambah baik cari motor sisa yang di jual di tempat sekitaran anda, supaya dapat mengaplikasikan prinsip LSB. Saksikan, Suka, Bawa Pulang. 

10. Kisah Kendaraan Sebaiknya Baik 

Yup, sesudah semuanya beres serta anda temukan penjual yang mempunyai motor sisa sesuai sama keadaan finansial serta urgensi anda, jadi saat ini waktunya lihat sejarah serta kisah motor sisa itu. Yang tentu, motor sisa itu tidaklah motor curian, motor sitaan, motor yang tengah ditanggungkan, maupun motor orang lain. Hehehe. Yakinkan juga apakah motor itu pernah alami kecelakaan serta rusaknya yang cukup kronis. Jika pernah, upayakan untuk mencari penjual lain dengan kisah motor yang tambah baik. Tetapi jika tak, anda mesti dapat terima konsekwensinya jika anda mengambil motor itu. 

11. Kelengkapan Surat-Surat yaitu Prasyarat Mutlak 

Semuanya kendaraan bermotor, termasuk juga sepeda motor harus diperlengkapi surat-surat resmi dari pihak Kepolisian, seperti BPKB san STNK. Janganlah ingin mengambil serta terima motor yang STNK atau BPKB nya tengah ditanggungkan. Mencari informasi juga, apakah KTP dari nama yang tercantum di BPKB masihlah berlaku serta bisa dipakai untuk kepentingan balik nama. Diluar itu cek juga keaslian BPKB serta STNK si motor. Jika BPKB atau STNK hilang, yakinkan si yang memiliki mempunyai surat sinyal kehilangan BPKB atau STNK, jika tak, silakan tinggalkan motor itu. 

12. Check Keadaan Fisik dari Motor Bekas 

Kisah OK, surat juga OK. Sip, saat ini waktunya cek keadaan fisik dari motor sisa pilihan anda. Pertama, cek dahulu keadaan body keseluruhnya. Baret dibagian spesifik bakal kurangi harga dari motor itu, so cematilah terlebih dulu. Kemudian cek manfaat panel-panel speedometer, lampu serta tanda motor itu. Lalu, cek juga keadaan roda serta mesin, dan bebrapa sisi lain dari si motor.

13. Bawalah Kenalan Montir atau Kerabat yang Tahu Mesin serta Keadaan Kendaraan 

Untuk anda yang kurang tahu mesin, tak ada kelirunya untuk membawa montir atau kerabat yang tahu mengenai mesin. Minimum kerabat anda tahu keadaan mesin yang layak digerakkan serta tak layak digerakkan. Kemudian minta pendapat mereka mengenai motor sisa yang bakal diambil itu. 

14. Janganlah Beli Motor yang telah Dimodifikasi jika Tak Mengerti 

Ini satu lagi untuk anda yang kurang tahu mesin serta sebagian piranti modifikasi kendaraan, terlebih sepeda motor. Janganlah beberapa cobalah untuk pilih sepeda motor yang telah dimodifikasi oleh yang memiliki terlebih dulu jika anda tak tahu. Cari motor dengan keadaan standard. Jika anda tak tahu mengenai mesin serta modifikasi pada motor, jadi anda dapat dengan gampang dikelabui dari mulai harga jual motor, serta nanti peluang anda untuk dikelabui oleh montir makin tiinggi. 

15. Harus Hukumnya : Test Drive! 

Nah, sesudah anda tahu seluk beluk motor sisa yang bakal diambil, jadi anda harus lakukan test drive. Ingat, WAJIB! Ini dikerjakan untuk menunjukkan kalau motor sisa yang bakal diambil, betul-betul ada dalam keadaan sempurna serta enak dan nyaman untuk dikendarai. Coba lakukan test drive berbelok, mengerem, test tingkat kekerasan shock, akselarasi, serta kelistrikan motor. 

16. Aktif Ajukan pertanyaan dengan Si Penjual 

Sambil lakukan test drive, aktiflah dalam ajukan pertanyaan dengan penjual. Tanyakan lagi mengenai motor yang bakal diambil dengan cara detil. Jika saat test drive anda rasakan ada yang kurang enak serta kurang nyaman, segera tanyakan. Jangan sampai anda nanti menyesal lalu. 

17. Prediksikan Keperluan serta Cost Perawatan 

Saat anda sudah tahu keadaan dari motor sisa yang bakal diambil, anda mesti dapat memprediksi cost yang perlu di keluarkan dalam menjaga motor sisa. Ingat, sebaik-baiknya keadaan motor sisa, jauh tidak sama dengan keadaan motor yang brand new. Sekurang-kurangnya anda harus juga memeikirkan bebrapa cost spare part slow moving yang perlu anda tebus nanti. Jangan pernah anda telah dapat memperoleh motor sisa anda, tetapi anda tak dapat menebus cost perawatannya nantinya. 

18. Negosiasikan Harga dengan Tenang serta Janganlah Terburu-Buru 

Baiklah, pada akhirnya motor dambaan anda telah hamper di tangan. Sistem setelah itu yaitu sistem yang paling utama. Negosiasi. Yap, ini yaitu motor sisa, harga juga sesuai dengan harga pasar serta keadaan motor. Sesudah anda rasakan motor itu, anda bisa mulai lakukan negosiasi. Berikanlah tawaran harga yang menarik, tidaklah terlalu jauh dari harga awal, tetapi tidaklah terlalu mahal juga untuk kantong anda. Upayakan janganlah tergesa-gesa dalam memberi penawaran. Enjoy saja. Jika anda memberi penawaran dengan cara tergesa-gesa, jadi kelak mungkin saja anda jadi salah mengatakan penawaran, yang nanti jadi merugikan diri anda sendiri. 

19. Janganlah Memaksakan Diri!! 

Telah sukai dengan motornya, namun nyatanya harga nya tak dapat dinegosiasikan? Yasudah, tinggalkan saja, serta cari motor sisa lain dengan harga yang masihlah dapat di negosiasikan. Saying memanglah, tetapi ingin bagaimana lagi, jika harga yang di tawarkan tidak cocok, janganlah paksakan diri anda untuk mengambil motor sisa itu. Mungkin saja belum rezeki, siapa tahu masihlah ada lagi motor lain yang dapat dibeli dengan biaya anda. 

20. Cepat Move On 

Move on? Kok kaya pacaran saja? Iya, bila satu motor tak dapat anda peroleh, janganlah anda menyesalinya. Move on lah, serta janganlah sangat pikirkan motor yg tidak dapat anda peroleh. Jika anda tidak bisa move on dari motor yg tidak dapat diambil itu, ada peluang anda bakal susah mencari motor lain lagi, lantaran dengan cara tak sadar, anda bakal membanding-bandingkan pada motor yg tidak dapat anda peroleh itu dengan motor lain. Jika hal semacam ini berlangsung, anda bakal susah untuk mencari motor sisa yang sesuai sama hasrat anda. 

Tersebut sebagian panduan yang dapat anda kerjakan dalam pilih motor sisa. Jika anda dapat pilih dengan pas, tentu nanti anda bakal memperoleh motor sisa yang berkwalitas, yg tidak kalah dengan motor keluaran paling baru.

Tips Memilih motor bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment